Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anang Mega Cahya Dorong Pemberdayaan Ekonomi Penerima PKH

 

Anang Mega Cahya Dorong Pemberdayaan Ekonomi Penerima PKH

uripkuiurup.com - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kordinator Regional (Koreg) PKH Region Jawa, Anang Mega Cahya, menegaskan pentingnya fokus pada pemberdayaan ekonomi KPM.

"Tahun 2024 adalah tahun pemberdayaan ekonomi KPM," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara rapat koordinasi pendamping sosial PKH Kabupaten Blitar di Kecamatan Selorejo. Rabu, (21/02/2024).

"Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) PKH, tahun ini agar difokuskan membahas modul Pengelolaan Keungan dan Perencanaan Usaha," Imbuhnya.

Anang menjelaskan, bahwa Kemensos saat ini tengah menggodok instrumen untuk melakukan survei kepada KPM terkait pelaksanaan dan dampak P2K2 dalam kehidupan sehari hari KPM.

Dari kunjungan ke beberapa daerah, ada beberapa tantangan yang muncul, salah satunya banyak KPM yang cenderung lupa dengan materi P2K2, dan kurang menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Anang menyarankan agar materi P2K2 lebih dikontekstualisasikan dengan persoalan praktis yang terjadi dalam kehidupan sehari - hari.

"Kita perlu mereview kembali teknis pelaksanaan P2K2, serta melakukan simulasi penguatan materi agar lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh KPM," Jelasnya.

Terkait fokus PKH tahun 2024, Anang menegaskan beberapa hal penting yang perlu di laksanakan oleh pendamping sosial PKH.

Pertama, persiapan graduasi KPM dengan materi pemberdayaan ekonomi. Kedua, Kemensos tahun ini akan memprioritaskan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena), yakni bantuan stimulus untuk penguatan usaha KPM.

Ketiga, pendamping sosial PKH membuat rencana target untuk mengusulkan KPM, ke dalam program Pena Berdikari Kemensos. Dimulai dari pembuatan profil KPM.

"Dari profil KPM, dapat dilakukan Skoring, dan yang tertinggi bisa diproyeksikan untuk pengajuan graduasi melalui progam Pena Berdikari." tegasnya. (red).