Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) Kemensos RI

 

Salah Satu Penerima Progam Pena di Kabupaten Blitar Berbelanja Kebutuhan Produksi Tahu Didampingi Oleh Pendamping Sosial PKH. Jum'at, (23/02/2024)

uripkuiurup.com - Di tengah dinamika ekonomi yang terus berkembang di Indonesia, pemerintah terus berupaya untuk mendukung para pengusaha lokal dan masyarakat dengan program-program yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Salah satu program unggulan yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia adalah Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena).

Apa Itu Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena)?

Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) merupakan inisiatif dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberdayakan pengusaha kecil dan menengah (UKM) serta masyarakat ekonomi lemah di seluruh pelosok Indonesia.

Pena dirancang sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama mereka yang berada di garis kemiskinan dan rentan.

Tujuan Pena yang utama adalah mendorong kemandirian ekonomi keluarga pra sejahtera. Melalui Pena, pemerintah berharap dapat meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga pra sejahtera.

Dengan memberikan dukungan dan bantuan yang tepat sasaran kepada para pelaku usaha kecil dan menengah, diharapkan ada peningkatan kesejahteraan dalam keluarganya.

Program ini juga bertujuan untuk memperluas wawasan, akses, dan jaringan pasar bagi pelaku usaha kecil, dengan memberikan bimbingan dan pelatihan yang dibutuhkan.

Sehingga diharapkan mereka benar - benar mengusai bidang usaha yang digelutinya, dan dapat bersaing secara sehat dalam perekonomian nasional maupun global.

Ada 5 klaster usaha yang bisa terjaring dalam progam Pena ini, yakni : 1. Klaster Makanan, 2. Klaster Kerajinan, 3. Klaster Pertanian, 4. Klaster Peternakan, dan 5. Klaster Jasa. (red)