Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anggia Erma Rini Ajak Masyarakat Awasi Kecurangan Pemilu: Tegaskan Pentingnya Pengawasan dalam Proses Rekapitulasi

 

Anggia Erma Rini Ajak Masyarakat Awasi Kecurangan Pemilu: Tegaskan Pentingnya Pengawasan dalam Proses Rekapitulasi

uripkuiurup.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini, mengajak masyarakat untuk turut mengawasi hasil Pemilu, termasuk Pilpres dan Pileg, di semua level, tanpa mengandalkan Sirekap yang masih bermasalah dan tidak akurat.

Pengawasan di tingkat PPK hingga kabupaten/kota dan provinsi sangat penting untuk dipantau bersama, ungkap Anggia keoada media saat berada di Blitar, Jawa Timur, pada Senin (19/2/2024).

Anggia menegaskan pentingnya mencegah kecurangan dalam proses rekapitulasi. "Kita dan partai-partai akan mengawasi secara ketat. Tidak ada satu pun suara yang akan kami biarkan dicuri," kata Anggia politisi perempuan PKB Dapil Jatim VI.

Tak hanya itu, Anggia juga meminta masyarakat agar tidak terprovokasi oleh opini-opini yang beredar sebelum proses rekapitulasi selesai.

Ia mencontohkan salah satu opini yang beredar adalah daftar nama caleg yang diprediksi lolos ke parlemen, hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap suara partai.

Anggia menekankan perlunya masyarakat untuk tidak mudah percaya pada pesan berantai di WhatsApp sebelum hasil resmi dari KPU keluar.

Menurutnya, modus kecurangan dalam Pilpres dan Pileg sangat beragam, mulai dari manipulasi sebelum pemungutan suara hingga operasi senyap dalam bentuk pesan berantai dan manipulasi data.

"Masyarakat harus memastikan tidak ada praktik jual beli suara dan manipulasi saat proses rekapitulasi," ujarnya.

Anggia juga meminta agar masyarakat melaporkan setiap indikasi kecurangan yang mereka temui kepada Bawaslu.

Saat ini, proses rekapitulasi penghitungan suara sedang berlangsung di tingkat kecamatan, dan akan terus berlanjut hingga tingkat nasional. (red)