Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semarakkan Bersih Desa, KUBE PKH Bajang Ikuti Bazar Rakyat

STAN Bazar Kube PKH Bajang

uripkuiurup.com - Dalam rangka Bersih Desa, dan peringatan hari jadi Desa Bajang ke-194, serta untuk memeriahkan HUT RI yg ke 73. kemarin, 28-29 September 2018 Kelurahan Bajang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar menggelar serangkaian kegiatan, yakni diantaranya adalah bazar rakyat dan malam resepsi.


Kegiatan ini bertempat di Kelurahan Bajang, tepatnya di lingkungan bajang RT 02 RW 02. Bazar rakyat ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat Bajang yg diwakili oleh setiap RT, dan segenab kelompok atau lembaga masyarakat yang ada di kelurahan Bajang, tak terkecuali Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH juga turut serta menyemarakkan kegiatan Bazar tersebut.

Sedangakan tujuan dari kegiatan bazar rakyat itu sendiri adalah salah satunya untuk menggiatkan aktivitas ekonomi warga masyarakat bajang, selain warga bisa mendapatkan nilai lebih dari aktifitas jual beli, juga bisa dijadikan ajang promosi bagi warga Bajang yang mempunyai produk, baik berupa makanan, jajanan maupun hasil kerajinan.





Dalam teknisnya, setiap Rt di lingkungan kelurahan Bajang, diberi tempat 1 stan untuk memamerkan dan menjual hasil karya/produksi warganya. Termasuk KUBE PKH Bajang dalam Bazar rakyat kali ini juga memamerkan produksi dari anggota dan juga menjual sembako murah, yang biasanya di jual di warong KUBE.










Setidaknya, ada banyak hal positif yang terbangun dari kegiatan bazar rakyat ini, salah satunya adalah tumbuhnya semangat kebersamaan, semangat berkarya, serta kerja sama dan gotong royong antar warga satu RT maupun antar anggota kelompok, sebagaimana mereka bersama-sama mendekorasi stan, kemudian mengatur regulasi barang, dan penjadwalan petugas tunggu stan. Selain itu, melaui kegiatan ini juga telah terbangun silaturahmi antar warga warga masyarakat Bajang, sehingga hubungan antar warga akan semakin harmonis.




Kegiatan bazar yang dilaksanakan selama 2 hari ini, juga dimeriahkan dengan acara pentas seni persembahan dari kreatifitas warga masyarakat kelurahan Bajang, selain sebagai wahana hiburan rakyat, hal tersebut dimaksutkan juga agar bisa menarik warga masyarakat Bajang khususnya, dan masyarakat di sekitar kelurahan bajang, untuk hadir di lokasi bazar rakyat.