Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Jalan Rezeki Dalam Al-Qur'an

 

Ilustrasi (Pixabay)

uripkuiurup.com - Rezeki ialah segala sesuatu yang bermanfaat yang diberikan oleh Allah kepada makhluknya. Rezeki bukan terbatas pada harta kekayaan, barang berharga, atau hal-hal yang bersifat materil.

Lebih dari itu, dalam pandangan Islam, rezeki juga mencakup kesehatan, ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

Rezeki yang paling berharga adalah iman dan Islam, karena dengan kedua faktor itu, akan dapat menyelamatkan manusia dalam kehidupan dunia dan akherat.

Jalan setiap orang dalam mendapatkan rezeki bisa jadi berbeda-beda, dan Allah yang Maha Kuasa memberikan rezeki kepada siapapun yang Dikehendaki.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 30, “Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki); sungguh, Dia Maha Mengetahui, Maha Melihat hamba-hamba-Nya.” (Q.S Al-Isra: 30).

Allah memiliki banyak sekali pintu rezeki, sehingga manusia bisa mendapatkannya dengan berbagai cara. Bahkan Semua tergantung bagaimana cara kita mampu membuka pintu rezeki tersebut. Dalam Al-Qur'an, inilah beberapa jalan rezeki:

Rezeki yang dijamin: Jangan takut tidak mendapatkan rezeki, karena Allah sudah berjanji sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 6, “Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya.” (Q.S Hud: 6).

Rezeki karena syukur: Dijelaskan dalam Al-Qur’an, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim: 7).

Taqwa sebagai Kunci Rezeki: Allah menjanjikan rezeki yang berlimpah kepada orang-orang yang bertakwa. Dalam banyak ayat, Al-Qur'an menekankan bahwa ketakwaan dan ketaatan kepada Allah adalah fondasi utama untuk menerima berkah rezeki. "Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar kepadanya, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (QS. At-Talaq: 2-3)

Infak dan Sedekah: Al-Qur'an menekankan pentingnya memberikan infak dan sedekah sebagai sarana untuk membuka pintu rezeki. Memberikan sebagian dari apa yang telah diberikan Allah kepada kita kepada sesama adalah cara untuk memperoleh berkah-Nya. "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji." (QS. Al-Baqarah: 261)

Rezeki karena menikah: Sebagaimana dalam Al-Qur’an “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (Q.S An-Nur: 32).

Rezeki karena anak: Setiap anak membawa rezekinya masing-masing. Sebagaimana dalam Al-Qur’an “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (Q.S Al-Isra: 31).

Rezeki karena istigfar: Banyak istigfar, banyak rezeki. Sebagaimana dalam Al-Qur’an, “Maka Aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”(Q.S Nuh: 10-12).

Rezeki karena usaha: Sebagaimana dalam Al-Qur’an, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (Q.S An-Najm: 39-41).

Tawakal pada Allah: Tawakal, yaitu meletakkan kepercayaan sepenuhnya kepada Allah, merupakan kunci untuk membuka pintu rezeki. Dalam mencari rezeki, manusia perlu berusaha sekaligus meletakkan kepercayaan pada Allah. "Dan siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkannya." (QS. At-Talaq: 3).

Al-Qur'an, sebagai pedoman utama bagi umat Islam, memberikan petunjuk yang jelas mengenai rezeki. Beberapa jalan rezeki yang dijelaskan dalam Al-Qur'an diatas, mencerminkan hikmah dan kearifan Allah SWT. (red)