Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai Cuaca Ekstrem: BMKG Beri Peringatan di Jawa Timur

 

Waspadai Cuaca Ekstrem: BMKG Beri Peringatan di Jawa Timur

uripkuiurup.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur.

Periode yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi, seperti hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan hujan es, adalah dari tanggal 12 hingga 18 Maret 2024.

Wilayah Terdampak

Wilayah-wilayah yang perlu waspada mencakup wilayah Kab. Bangkalan, Kab. Lamongan, Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Ngawi, Kab. Sumenep, Kota Surabaya, Kab. Tuban, Kab. Gresik, Kab. Bojonegoro, Kab. Nganjuk, Kab. Pamekasan, Kab. Ponorogo, Kab. Sampang.

Kab. Sidoarjo, Kab. Banyuwangi, Kota Batu, Kota Blitar, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kota Kediri, Kota Mojokerto, Kab. Pacitan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kab. Situbondo, Kab. Tulungagung.

Kab. Kediri, Kab. Mojokerto, Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan, Kab. Blitar, Kab. Bondowoso, Kab. Lumajang, Kab. Malang, Kab. Trenggalek, Kota Madiun, Kota Malang.

Penyebab Potensi Cuaca Ekstrem

Saat ini, Jawa Timur memasuki fase peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah tersebut.

Serta adanya sirkulasi siklonik di utara Australia mengakibatkan adanya pola konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Jawa Timur yang berpengaruh terhadap peningkatan cuaca ekstrem sepekan kedepan.

Himbauan dari BMKG Juanda

Dengan kondisi tersebut, BMKG Juanda dalam press release nomor ΜΕ.02.04/019/KSUB/III/2024 tentang kewaspadaan cuaca ekstrem di Jawa Timur, pihaknya menghimbau Masyarakat dan instansi terkait untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

Wilayah dengan topografi curam atau bergunung diharapkan lebih waspada terhadap dampak seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya. Pengendara juga diminta waspada terhadap kondisi jalan licin dan pohon tumbang.

Pantau Informasi Terkini

BMKG Juanda mengimbau masyarakat untuk memantau kondisi cuaca terkini melalui website resmi mereka di  https://stamet-juanda.bmkg.go.id dan media sosial @infobmkgjuanda.

Selain itu informasi juga bisa diakses via saluran telepon 24 jam di saluran (031) 8668989 dan WhatsApp: +62 895-8003-00011

Jangan lengah, tetap waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem demi keselamatan bersama. (red)


*Sumber; Press Release BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo pada tanggal 12 Maret 2024.